Pages

Rabu, 20 November 2013

8 Kebiasaan yang menyebabkan sakit punggung

Sakit punggung bisa mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari. Selain menimbulkan rasa nyeri di sekitar belakang tubuh, kondisi tersebut juga bisa mengganggu postur tubuh. Banyak faktor yang dapat menimbulkan terjadinya sakit punggung. Dan tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari bisa menjadi penyebab terjadinya sakit punggung.

Kebiasaan-Kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit punggung

kebiasaan penyebab sakit punggungSeperti yang disarikan dari situs Fitnea, 8 November 2013, ada delapan kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit punggung, diantaranya adalah :
1. Membawa beban berat
Kebiasaan membawa tas dengan beban yang berat bisa mempengaruhi kondisi punggung dan membuat tubuh menjadi tidak seimbang. Maka dari itu, usahakanlah untuk tidak membawa barang yang terlalu berat dalam ransel atau tas anda. Beban ideal yang aman untuk dibawa ialah 10 persen dari bobot tubuh anda
2. Menggunakan sepatu hak tinggi
Hak sepatu yang tinggi mungkin bisa menunjang penampilan wanita. Namun begitu, penggunaan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi berpotensi menyebabkan sakit punggung dan memberikan tekanan berlebih pada lutut dan tumit.
3. Sering marah
Penelitian dari sebuah universitas menemukan bahwa menahan amarah dan kekesalan diketahui bisa mencegah atau bahkan mengurangi rasa sakit/nyeri yang terjadi pada tubuh. Emosi yang meledak-ledak dapat membuat otot menjadi tegang dan secara langsung bisa menyebabkan rasa sakit/nyeri pada beberapa bagian tubuh termasuk punggung. Selain itu, amarah juga tidak sehat untuk psikologis.
4. Duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama di depan layar komputer saat bekerja bisa mengganggu postur tubuh yang pada akhirnya menyebabkan nyeri pada otot punggung. Duduk terlalu lama juga memberikan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Apabila pekerjaan menuntut anda untuk duduk dalam waktu yang lama, pastikan posisinya benar, yakni tidak terlalu tegak dan tidak terlalu membungkuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar