Pages

Sabtu, 23 November 2013

Makalah EYD dan Kalimat efektif

PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar telah menjadi keharusan. Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indinesia menurunkan Keputusan Nomor 0543a/U/18987 yang mendasari usaha penyempurnaan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan keputusan tersebut kita memiliki pedoman atau acuan mengenai penggunaan bahasa Indonesia terbaru.
Adapun untuk mahasiswa, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga menjadi tolak ukur intelektualitas mereka dalam menulis. Hal itu dapat dituangkan dalam berbagai macam tulisan ilmiah, salah satunya dalam bentuk skripsi. Dalam skripsi, tidak hanya komponen materi dan isi skripsi yang harus diperhatikan penulis, namun juga penggunaan tata bahasa Indonesia, dalam hal ini Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan efektivitas dalam penggunaan kalimat.
Untuk itu kami mencoba membedah satu skipsi milik sodara Rivaldi Prayoga, mahasiswa program studi muamalat, dengan NIM 205046100642, yang berjudul Analisis Mekanisme Harga Terhadap Etika Bisnis Pedagang Kuliner pada Restourant Taman Resto. Dapat kita lihat, dalam penggunaan judul saja, penulis sudah menggunakan kata serapan yang salah. Dalam bahasa Indonesia yang benar, restourant yang berasal dari bahasa Inggris seharusnya ditulis “restoran”. Untuk itu menarik jika dalam makalah ini kami mencoba mebedah penggunaan EYD dan efektivitas kalimat dalam sampel skripsi ini.
I.2 Rumusan Masalah
            Dalam rangka mengetahui penggunaan EYD yang baik dan benar serta penggunaan kalimat efektif dalam skripsi mahasiswa. Seperti yang telah kami tuliskan bahwa kami mengambil 1 skripsi mahasiswa muamalat untuk dibedah bagaimana penggunaan EYDnya. Apakah sudah memenuhi standar bahasa Indonesia yang baik dan benar atau belum. Begitu juga dengan efektivitas kalimat yang digunakan didalamnya. Rumusan masalahnya antara lain :
  1. Apakah skripsi ini memenuhi EYD yang baik dan benar ?
  2. Apakah skripsi ini sudah menggunakan kalimat efektif ?
I.3 Tujuan
            Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk dapat membedah dan melihat bagaimana penggunaan EYD dalam skripsi yang akan kelompok kami bahas dalam makalah ini. Selain itu kami juga akan menuliskan kalimat yang menurut kami terlalu bertele – tele dan menggantinya dengan kalimat yang menurut kami lebih efektif. Ini juga merupakan pelajaran bagi kami agar nanti saat penulisan skripsi kami bisa mengaplikasikan penulisan EYD yang benar dan memperhatikan keefektifan kalimat yang digunakan.
I.4 Manfaat
            Manfaat penulisan dan pembedahan skripsi yang kami rangkum dalam makalah ini adalah mengetahui bagaimana kejelian kami dalam penggunaan EYD dan menggunakan kalimat yang efektif dalam setiap tulisan, khususnya dalam skripsi nanti. Ini juga merupakan latihan yang baik untuk mengasah kemampuan tulis menulis bahasa Indonesia kami.

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Asep Syamsul M. Romli dosen bahasa jurnalistik menjelaskan peran EYD dan penggunaan EYD dalam bahasa jurnalistik. Beliau menjelaskan, EYD merupakan aturan tata Bahasa Indonesia yang baku. Peran EYD yakni sebagai pedoman umum bagi para pengguna Bahasa Indonesia. Siapa pun, kapan pun, dimana pun menggunakan EYD secara benar dan baik, maka harus mengacu pada EYD yang sesuai dengan Undang-Undang dan Pancasila. EYD pun memiliki pengecualian, biasanya pada penulisan judul. EYD yang digunakan saat ini adalah EYD yang telah disepakati oleh 3 negara yakni Indonesia, Malaysia dan Bruneidarussalam.
B. Ejaan yang Disempurnakan (EYD) tetap menjadi acuan bagi para penerbit yang menyadari pentingnya penerapan bahasa secara standar dalam karya atau produk bernama buku. Karena itu, bagi banyak penerbit, salah satu poin kriteria kelayakan naskah adalah naskah ditulis dengan bahasa Indonesia yang standar atau mengikuti pedoman EYD, terutama untuk naskah-naskah nonfiksi. Namun, dalam praktiknya, penerapan EYD tidak sepenuhnya bisa dilaksanakan oleh penerbit serta tidak semuanya naskah ditulis dengan penerapan EYD.





BAB 3
PENUTUP

Dengan demikian makalah ini di buat agar pembaca dapat mengetahui lebih dalah lagi apa itu EYD dan bagaimana cara penyampaiannya baik itu secara lisan maupun tulisan.

Dan juga di tambah dengan penggunaan tanda baca, kami sangat mengharapakan kepada pembaca agar dapat mencermati tanda baca yang kalian gunakan dalam setiap tulisan yang kalian tulis.


DAFTAR PUSTAKA


http://laluwahyurp.wordpress.com/makalah/penggunaan-kata-kata-eyd-dalam-bahasa-indonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar