Pages

Selasa, 22 Oktober 2013

Manfaat jeruk nipis

VKhasiat Manfaat Jeruk Nipis - Jeruk nipis, pasti Anda sudah tidak asing dengan buah ini. Seringkali jeruk nipis dipakai sebagai bumbu masakan di dapur karena salah satu manfaat jeruk nipis bisa mengurangi bau anyir pada ikan. Buah bulat ini berdiameter 3-6 cm, dengan warna hijau atau kuning. Rasa jeruk nipis sangat asam agak kepahitan. Jika dibandingkan dengan jenis jeruk yang lainnya, kandungan vitamin C pada jeruk nipis sangat jauh lebih banyak.
Selain dipakai sebagai penyedap makanan, jeruk nipis juga memiliki segudang manfaat yang sangat beragam. Berbagai kandungan yang ada pada jeruk nips bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk ambeien, tekanan darah tinggi, demam, amandel dan juga bermanfaat untuk kecantikan seorang wanita. Salah satu manfaatnya yang paling terkenal untuk kecantikan adalah jeruk nipis dapat memperindah kuku, menjadikan rambut lebih lembut, halus dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.
Manfaat Jeruk Nipis

  • Jeruk nipis mempunyai kandungan zat flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata agar terbebas dari infeksi mata. Kandungan zat flavonoid tersebut juga dapat mencegah penuaan dini dan regenerasi pada organ mata.
  • Jeruk nipis berkhasiat untuk merawat wajah. Kita sudah sering menyaksikan produk perawatan kecantikan yang berbahan dasar dari ekstrak jeruk nipis. Ini disebabkan jeruk nipis mampu menjadikan kulit wajah semakin cerah, lembut dan menghilangkan pori-pori.
  • Jeruk nipis bermanfaat bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi. Kadar vitamin pada jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sering kali jeruk nipis dipakai sebagai obat penyakit hipertensi.
  • Dengan vitamin C pada jeruk nipis dapat melancarkan pencernaan. Jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya, kandungan vitamin C pada jeruk nipis ini lebih banyak. Manfaatnya dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal, penyakit radang tenggorokan, menyembuhkan ambeien dan sembelit.
  • Dapat menghilangkan jerawat. Banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan dasar jeruk nipis. Itu dikarenakan salah satu manfaat jeruk nipis adalah untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah yang dapat menyebabkan bakteri penyebab jerawat bisa berkembang.
  • Manfaat jeruk nipis yang lainnya adalah bisa berfungsi sebagai obat diet yaitu dengan cara campur perasan jeruk nipis dan madu lebah asli, kemudian konsumsi secara rutin.
  • Sebagai penyedap masakan. Seperti contoh bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Jeruk nipis sangat gampang kita temukan di pasaran dan harganya pun murah. Sebetulnya pohon jeruk nipis bisa ditanam di bermacam-macam jenis tanah. Jadi Anda juga bisa menanamnya di pekarangan rumah Anda dan jika butuh bisa langsung memetiknya untuk merasakan manfaat jeruk nipis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar